Bedah Rangka Honda Verza 150, Benar-Benar Baru!

 0
Bedah Rangka Honda Verza 150, Benar-Benar Baru!by adminon.Bedah Rangka Honda Verza 150, Benar-Benar Baru!Honda Verza 150 sudah resmi diluncurkan, banyak yang beranggapan kalau motor ini adalah spec down dari Honda New MegaPro. Bisa dibilang begitu, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kalau melihat mesin memang berasal dari platform yang sama, tapi rangka jelas jauh berbeda. Verza 150 bukan cuma pakai sokbraker belakang ganda untuk mengejar kekuatan. Tapi semua rangkanya […]

Honda Verza 150 sudah resmi diluncurkan, banyak yang beranggapan kalau motor ini adalah spec down dari Honda New MegaPro. Bisa dibilang begitu, tapi juga tidak sepenuhnya benar. Kalau melihat mesin memang berasal dari platform yang sama, tapi rangka jelas jauh berbeda.

Verza 150 bukan cuma pakai sokbraker belakang ganda untuk mengejar kekuatan. Tapi semua rangkanya benar-benar baru. “Bagian depan di pegangan komstirnya saja sudah beda, ke belakang rangka belakangnya lebih beda lagi. Ya.. karena tidak ada yang sama di rangkanya,” buka Sarwono Edhi, Technical Training Development PT Astra Honda Motor (AHM).

Ada dua pilihan pelek

Whell base-nya juga berbeda. 1.313 mm untuk New MegaPro dan Verza 150 sedikit lebih panjang 1.318 mm. “Meski sedikit lebih panjang, tapi karena bobotnya lebih ringan jadi sangat lincah,” jelasnya. Bobot Verza 150 cuma 129 kg, sedang New MegaPro 136 kg. Beda 7 kg bro! 

Di suspensi belakang, Verza 150 sengaja mengusung dua sokbraker tujuannya lebih ke arah kekuatan. Untuk motor yang salah satu peruntukannya digunakan sebagai kendaraan niaga, sokbraker belakang harus kuat menahan beban berat.

“Jadi bukan hanya nyaman, tapi kekuatannya kami perhatikan,” lanjut pria bertubuh ramping ini. Tapi swing arm-nya punya ukuran sedikit lebih kecil ketimbang New MegaPro. Pipa kotaknya punya tinggi 55 mm dan lebar 25 mm, sedang New MegaPro tinggi 60 mm dan lebar 30 mm. Sedang tebal platnya diyakini tidak jauh berbeda.

Posisi baut penyetel rantainya juga berbeda dari New Mega Pro. Verza 150 konstruksinya agak keluar sedikit, tidak benar-benar di tengah. Dan satu lagi, kalau diperhatikan, posisi gear Verza 150 lebih keluar ketimbang New MegaPro.

“Iya itu ada hubungannya dengan rangka baru dan kelurusan rantai,” jelas pria ramah yang akrab disapa Edhi ini. Karena gear belakang harus dibuat lebih keluar, maka countershaft as dari mesin atau as transmisi yang jadi tempat melekatnya gear depan jadi ikut keluar juga. Punya New MegaPro panjangnya 153 mm, sedang Verza 164,9 mm.

Setelan rantai Verza tidak tepat di tengah (gambar kanan)

Lanjut ke depan, suspensinya punya diameter yang sama seperti New MegaPro. Begitu juga dengan peleknya, yang depan sama tapi yang belakang berbeda. “Belakang berbeda karena remnya masih teromol,” tutur Edhi.

Lebar pelek palang 6-nya sama seperti New Megapro. 2.5 inci di belakang dan 1.85 inci di depan. Sedang ukuran bannya, 100/90-17 di belakang dan 80/100-17 di depan. Oiya, untuk versi pelek casting wheel, kedua bannya sudah tubeless. (motorplus-online.com)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:

Modifikasi new vixion, verza modif, modif verza, modifikasi verza, verza modifikasi, megapro japstyle, modif verza 150, modif honda verza, modif striping honda verza, rangka cs 1, striping baru verza 150, strip verza 2013, new Verza strip terbaru, striping modifikasi verza, honda verza strip terbaru, verza jap style, honda verza modif cb100, verza modif cb 100, verza modif cb100, verza modif japstyle, motor verza striping baru, motor verza modifikasi italia, motor plus telanjangi verza 150, honda verza striping modif, japstyle motor honda verza, macam-macam strip verza 150, modif motor verza jadi cb 100, honda verza streap baru, modif verza striping, modifikasi honda verza jap style, honda verza modifikasi japs style, modifikasi striping honda verza, honda verza modif japs style, Apakah verza bisa di modif jadi cb 100

Author: 

Related Posts

Leave a Reply