Mengenal Transmisi Manual

 0
Mengenal Transmisi Manualby adminon.Mengenal Transmisi ManualManual gearbox adalah seperangkat susunan gigi (gear) yang berhubungan dengan as roda mobil agar bisa melaju sesuai keinginan pengendara. Banyaknya tingkat percepatan pun berbeda dari tahun ke tahun. Pada era ’70-an, desain transmisi manual masih menggunakan 3 atau 4 percepatan. Dilanjut pada era ’80-an yang sudah mulai menerapkan 5 percepatan. Seiring perkembangan, beberapa pabrikan menciptakan […]

Manual gearbox adalah seperangkat susunan gigi (gear) yang berhubungan dengan as roda mobil agar bisa melaju sesuai keinginan pengendara. Banyaknya tingkat percepatan pun berbeda dari tahun ke tahun.

Pada era ’70-an, desain transmisi manual masih menggunakan 3 atau 4 percepatan. Dilanjut pada era ’80-an yang sudah mulai menerapkan 5 percepatan. Seiring perkembangan, beberapa pabrikan menciptakan mobil dengan 6 percepatan macam Nissan Grand Livina 1.8L. Bahkan Bugatti Veyron mengandalkan transmisi 7-speed pada 2005.

Girboks manual bersinergi dengan pelat kopling dan dekrup agar bisa menggerakan roda ketika pedal kopling dilepaskan. Pengendara harus menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi ke posisi yang diinginkan saat menjalankan mobil.

Desain transmisi manual memiliki sedikit perbedaan antara pabrikan Asia dan Eropa. Khususnya pada posisi pengoperasian gigi mundur (R). Perbedaan cukup signifikan pada mobil Eropa adalah letak gigi mundur yang berada pada pojok kiri atas (sejajar gigi 1) atau pojok kiri bawah (sejajar gigi 2). Cara memasukkan gigi ‘R’ pun cukup unik.

Beberapa tipe kendaran asal Eropa, persis di bawah shift knob terdapat lingkaran seperti cincin pengaman yang harus ditarik ke atas untuk bisa memindahkan tuas ke posisi ‘R’. Pengaman ini berfungsi agar pengemudi tidak keliru saat masuk gigi karena posisi dan arah yang identik dengan gigi 1. Walau sebagian lain tidak memiliki cincin pengaman dan bisa langsung dimasukan.

Sementara kebanyakan mobil lansiran Asia memiliki posisi gigi ‘R’ di pojok kanan bawah sehingga tidak memerlukan cincin pengaman karena arah perpindahan giginya tak ada yang identik dengan gigi lain. (mobil.otomotifnet.com)



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tags:

cara memasukan gigi mobil, cara memasukan perseneling mobil, cara menggunakan persneling mobil, persneling mobil avanza, cara memindahkan gigi mobil manual, Persneling avanza, cara menggunakan persneling mobil manual, transmisi mobil avanza, cara mengoperasikan persneling mobil, cara memasukan gigi mobil manual, persneling xenia, Urutan gigi mobil, Cara mengoperasikan perseneling mobil, gigi mobil avanza, transmisi avanza, perseneling mobil xenia, cara memindahkan gigi mobil, urutan transmisi mobil manual, urutan persneling mobil, cara mengoperasikan mobil avanza, perseneling avanza, perseneling xenia, urutan persneling mobil manual, gigi mobil mercy, transmisi manual mobil, pengoperasian gigi mundur mobil mercedes benz, cara menggunakan gigi mobil, cara menggunakan perseneling mobil, perseneleng mobil xenia, tranmisi pada mobil avanza, tehnik memindah presneling mobil, susunan transmion, Perseneling mobil avanza, cara mengendarai mobil avanza, cara menggunakan transmisi manual, cara mengoperasikan transmisi manual mobil, cara mengoprasikan gigi mobil, mobil manual gigi avanza, susunan pedal mobil, cara mengoperasikan mobil xenia, Susunan transmisi avanza, transmisi manual avanza, cara mengoperasikan perseneleng manual, gigi perseneleng mobil avansa, cara memasukan tuas gigi mobil, gigi transmisi avanza, cara memasukan gear mobil avanza, mengenal berbagai tipe perseneling mobil, cara memasuk kan perseneleng atau gigi mobil, cara memasukan gigi persneling mobil

Author: 

Related Posts

Leave a Reply